Rabu, 24 April 2013

Burung yang Mengadu Pada Nabi Muhammad


Suatu hari tatkala Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dalam perjalanan bersama para sahabat, maka di saat itu ada seekor burung berkicau di atas kepala beliau shallallahu ‘alaihi wasallam tanpa henti.

Kemudian salah seorang sahabat menangkap dan menyingkirkan burung itu karena terus berkicau di atas kepala Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memahami kicauan burung tersebut, dimana burung itu mengadu kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bahwa telur-telur burung itu telah diambil.


Maka Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam berkata : "Siapa yang telah mengagetkan burung itu dengan mengambil telurnya?",

salah seorang sahabat menjawab : "Akulah yang sudah mengambilnya wahai Rasulullah”,

kemudian beliau meminta untuk mengembalikannya.

Tentunya diperbolehkan mengambil telur burung, namun karena burung tersebut mengadu kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, sehingga sekedar mengagetkan burung pun beliau larang apalagi dengan mengambil telur-telurnya. Sehingga hewan pun mengetahui kelembutan sayyidina Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam yang memberi kasih sayang dan perhatian kepadanya, maka terlebih lagi kasih sayang dan perhatian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam yang diberikan kepada umat beliau shallallahu ‘alaihi wasallam. wallahu a'lam

Sumber rujukan : Kitab Adaabul Mufrad Al Imam Bukhari



Tidak ada komentar:

Posting Komentar